Home
Pegawai museum Mesir hadapi dakwaan kasus janggut Tutankhamun
Redaksi KEI FM / Monday, 25 January 2016 06:49
bbc-tutankhamun_mask_Media Mesir memberitakan jaksa telah memerintahkan delapan pegawai museum untuk diadilli dalam pemasangan kembali janggut di topeng raja Mesir kuno, Tutankhamun. Persidangan ini dilakukan setahun setelah penyelidikan resmi dilakukan dalam kasus pemasangan kembali janggut dengan cara sembrono dan menggunakan lem murahan.
Para tertuduh akan menghadapi dakwan pengabaian dan melanggar standar profesional.
Artefak yang berusia 3.000 tahun ini merupakan salah satu yang menarik perhatian para wisatawan.
Ahli konservasi di Musem Mesir telah memberikan penjelasan yang berbeda berkaitan dengan penyebab janggut menjadi terpisah itu.
Salah satu dugaan yang muncul yaitu tak sengaja terlepas, sementara pendapat lain menyebutkan telah dipindahkan karena longgar.
Jaksa mengatakan para pekerja waktu itu "secara sembrono" berupaya untuk menutupi kesalahan, dengan menggunakan lem yang tidak layak untuk memperbaiki topeng tersebut.
Mereka berupaya untuk memasang kembali janggut tersebut, dan kemudian juga mencoba untuk menghilangkan bukti kesalahan yang dilakukan sebelumnya.
Pemberitaan, dalam Daily News Egypt, mengutip jaksa yang mengatakan :"Mengabaikan seluruh metode sains untuk restorasi, para tersangka berupaya untuk menyembunyikan kejahatan mereka dengan menggunakan alat logam untuk menghilangkan bagian lem yang terlihat, sehingga merusak peninggalan 3.000 tahun itu tanpa hati nurani."
Mereka yang dihadirkan dalam sidang termasuk seorang mantan direktur museum dan mantan direktur restorasi.
Oktober lalu, sebuah tim ahli konservasi yang dipimpin oleh pakar dari Jerman mulai bekerja untuk memperbaiki kerusakan dan memasang janggut dengan profesional.
Setelah sukses direstorasi, topeng itu kembali dipamerkan di musem pada Desember lalu.(BBC)

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

logo KEI 102.3 FM

Streaming

streaming2012-1request2012-nyamping

Facebook

CHRISTYKIDS

Statistics

mod_vvisit_counterToday176
mod_vvisit_counterYesterday169
mod_vvisit_counterThis week714
mod_vvisit_counterThis month21043
mod_vvisit_counterAll days2632821

We have: 9 guests online
Your IP: 54.197.150.255
 , 
Today: Mar 29, 2017

PETA BATAM

Peta_Batam